Sabtu, 18 Februari 2017

2 Cara Mengatasi “Sayangnya ZenUI Launcher Telah Berhenti” Pada ASUS Zenfone

NGAWI DIAN – Cara Mengatasi Pesan Error Bertuliskan “Sayangnya ZenUI Launcher Telah Berhenti” di HP ASUS Mudah dan Cepat. Para pengguna ponsel Android merek Asus, khususnya Asus Zenfone ada sebagian pengguna yang terkadang mengalami masalah pada Sistem Launcher. Hal ini tentu sangat menggangu para penggunanya saat sedang menjalankan aktifitas multitasking. Launcher sama dengan tema atau tampilan, artinya jika Launcher bermasalah pada akan menggangu tampilan atau User Interface dari smartphone Asus itu sendiri. Lalu, apa solusi dari permasalah tersebut, lebih jelasnya mari kita simak ulasannya berikut ini.

Sayangnya ZenUI Launcher Telah Berhenti

Baca Juga :

Cara Mengatasi ZenUI Launcher Telah Berhenti

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi metode ke anda semua mengenai Cara Mengatasi “Sayangnya ZenUI Launcher Telah Berhenti” Pada ASUS Zenfone Mudah dan Cepat. Munculnya tulisan pada layar “Sayangnya ZenUI Launcher Telah Berhenti” atau “Unfortunately ZenUI Launcher has stopped” memang bisa dibilang susah – susah gampang. Penyebab dari masalah semacam itu bermacam – macam, bisa karena virus, Tumpukan File Sampah, rooting Android, kerusakan pada file aplikasi, dan lainnya. Ada beberapa metode yang bisa anda coba supaya Launcher bisa normal kembali. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak beberapa metodenya berikut ini.

Metode 1 : Hapus Cache dan Data Aplikasi

Untuk metode pertama yang bisa anda coba yakni menghapus file sampah dan data aplikasi. Cara ini biasanya manjur dalam mengatasi masalah Launcher atau aplikasi lain. Metode ini bisa anda lakukan jikalau anda masih bisa menggunakan ponsel dan masih bisa masuk pada menu “Setelan” Android. Sebelumnya anda harus tahu bahwa menghapus data aplikasi akan merubah tampilan UI kembali pada posisi default atau awal. Semua setingan anda akan terhapus, basis data hilang, dan cache juga terhapus. Untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Masuk Pada Menu Settings » Select Apps » All » Select Zen UI Services And Power Saver » “Clear Cache” dan “Clear Data”. Setelah itu lakukan “Reboot”.
  • Masuk Pada Menu Settings » Apps » Launcher » “Clear Cache” dan “Clear Data”.

Baca Juga :

Metode 2 : Factory Reset Via Recovery Mode

Apabila HP Asus anda tidak bisa digunakan sama sekali, bahkan tidak bisa masuk pada menu Setelan maka secara tidak langsung anda juga tidak bisa melakukan metode yang pertama. Metode kedua yang bisa anda coba dalam mengatasi masalah tersebut adalah Factory Reset melalui Recovery Mode. Cara ini akan menghapus aplikasi dan data, serta mengembalikan sistem dan pengaturan pada kondisi awal / pabrikan. Dan untuk melakukannya, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Matikan Smartphone Asus yang anda miliki tersebut. Tekan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya anda bisa masuk pada optional Recovery Mode.
  • Pilih “Factory Reset” untuk me-reset Android anda ke setelan pabrik. Tunggu beberapa saat sampai proses reset selesai.
  • Selesai.

Baca Juga :

Dengan adanya kedua cara diatas, semoga HP ASUS yang anda miliki bisa digunakan lagi. Untuk menghindari permasalahan lain dikemudian hari, cobalah untuk melakukan perawatan pada sistem Android anda. Lakukan membersihan file sampah dan scanning virus supaya Smartphone terlihat lebih baik dan lebih aman. Gunakan Aplikasi Cleaner terbaik untuk melakukan scanning pada sistem Android anda.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi “Sayangnya, Zenui Launcher Telah Berhenti” Di HP ASUS Zenfone, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan hubungi melalui email, sosial media, atau komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!


EmoticonEmoticon